Selasa, 30 Maret 2010

[PERFEKSIONISME] 10 ORANG BEKEN YANG SUKSES DARI AWAL YANG SUSAH

Dikutip dari buku Gue Bukan Superman, Miriam Adderholdt, Ph.D. dan Jan Goldberg.
Louisa May Alcott
Pernah bete waktu seorang editor bilang karyanya nggak bakal ada yang populer. Lebih dari seabad kemudian, novel-novelnya masih dibaca orang dan Little Women, yang sempat dibikin film dan dibintangi aktris cantik Winona Ryder, dianggap orang banyak sebagai salah satu buku anak Amrik terbaik selama dua ratus tahun terakhir ini.
Walt Disney
Pernah dipecat dari jabatan editor koran karena dianggap nggak punya ide seru. Dia nggak putus asa dan tetap melanjutkan karyanya. Kamu pasti kenal tokoh-tokoh kartun legendaris kayak Mickey Mouse dan Donald Duck. Walt Disney Pictures telah memenangi 76 Academy Awards dari film-film kartun produksinya. Dan impian terbesarnya, taman bermain raksasa Disneyland, telah dibuka pada 1982.
Charles Goodyear
Pendiri perusahaan ban Goodyear, telah mengalami banyak kegagalan bisnis dan pernah masuk penjara karena pailit. Setelah itu, tanpa sengaja menemukan proses vulkanisasi yang merombak industri karet.
Steve Jobs
Pendiri Apple Computer. Awalnya dia sama sekali nggak sukses waktu bareng Steve Wozniak mencoba menjual hak cipta PC yang mereka kembangkan. Petinggi Hewlett-Packard berkata, “Kami tidak butuh kalian. Kalian bahkan belum lulus kuliah.” Presiden dari perusahaan Atari juga berkata, “Minggatlah dari hadapanku. Keluar dari sini. Kalian bau dan kami tidak akan membeli produk kalian!”
Michael Jordan
Nggak diterima di tim bola basket sekolah ketika kelas dua SMA. Rasa malu dan kecewanya mendorong dia berusaha lebih keras buat masuk tim. Dia bisa mempertahankan prestasi gemilang sepanjang kariernya sebagai pemain bola basket.
Abraham Lincoln
Memulai kariernya sebagai kapten pada permulaan Perang Blackhawk; pada akhir perang pangkatnya diturunkan menjadi prajurit biasa.
J.K. Rowling
Menulis kisah beken tentang si penyihir cilik Harry Potter ketika sedang kesulitan ekonomi. Sebagai orang tua tunggal bagi putrinya, dia kelimpungan nyari nafkah sebelum akhirnya bukunya diterima oleh penerbit. Proses penciptaan Harry Potter sendiri berlangsung selama enam tahun!
Drew Barrymore
Yang mengawali kiprahnya di dunia akting waktu masih kecil banget, ternyata nggak pernah lulus SMA. Dia juga sempat salah langkah, terjerumus pakai obat-obatan terlarang. Tapi, dia bisa bangkit dan jadi produser sekaligus aktris film yang beken banget, Charlie Angels.
Garin Nugroho
Kesulitan menjajakan ide film-film dokumenternya selama bertahun-tahun sebelum jadi sutradara top kayak sekarang. Tapi nggak kenal putus asa, dia terus berkarya. Sekarang, karya-karyanya dapat banyak penghargaan, bahkan jadi bahan riset dan penelitian ilmiah.
Delon Indonesian Idol
Dulu pernah jadi salesman yang jualan obat, kasur busa, bahkan ember, door to door! Dia bisa cuek mendengar komentar para juri yang bisa bikin kuping panas gara-gara mentalnya sudah teruji ketika ditolak konsumen waktu jualan keliling.

1 komentar: